Senin, 15 September 2014

Contoh RESENSI BUKU NONFIKSI


Fisika untuk SMA dan MA Kelas XII Buku BSE



Judul buku       : Fisika untuk SMA dan MA    Kelas XII
Penyusun         : Suharyanto, Karyono dan Dwi Satya Palupi
Penerbit          : Pusat Perbukuan  Depdiknas Tahun 2009
Tempat terbit  : Jakarta
Tebal buku      : VI + 361 halaman
Harga buku     : Rp 18.310,-
Ukuran buku    : 19,6 cm x 25 cm

            Buku yang berjudul Fisika untuk SMA dan MA Kelas XII terdiri atas 10 bab. Pada tiap-tiap bab berisi pembahasan yang di sertai dengan berbagai contoh agar dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan dapat mendalami pelajaran fisika secara luas. Dimana pada tiap akhir bab terdapat beberapa soal Uji Kompetensi untuk menguji kemampuan dan kecakapan siswa.
            Buku ini tergolong buku pelajaran yang penyajian materinya mudah untuk dipahami, karena bahasa yang digunakan komunikatif dan interaktif serta sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baku. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik.
            Buku ini memiliki banyak keunggulan diantaranya yaitu, memiliki daftar symbol, nama suatu unsur, jumlah satuan, massa atom, lambang atom beserta penjelelasannya. Memiliki Seputar Tokoh yang merupakan informasi latar belakang fisikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dikembangkan serta dirasakan manfaatnya. Memiliki Info Sains yang disiapkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi fisika dan perkembangannya. Memiliki Glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasan singkatnya. Memiliki Indeks Subjek yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disusun secara alfabetis.
            Buku ini disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan di dalamnya. Diantaranya, gambar yang di sajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja dapat menimbulkan salah penafsiran terhadap gambar dan dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut. Selain itu ukuran dan ketebalan buku yang besar dan tebal membuat susah untuk dibawa kemana-mana.
            Buku ini disajikan hanya untuk pelajar SMA kelas XII program IPA untuk dipelajari sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi beberapa aspek, yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai. Pengembangan aspek tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan kecakapan siswa melalui seperangkat kompetensi agar siswa dapat menulang hasil dimasa mendatang.

Sri Reskyawati
XII IPA 1
SMA Negeri 1 Bontomarannu
Follow @Rezkya_06

1 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK Terbaru

    BalasHapus